KURIKULUM
PENGENALAN KURIKULUM SMA SANTA MARIA 1 BANDUNG
Tujuan Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003)
Tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan profil kualifikasi kemampuan lulusan yang dituangkan dalam standar kompetensi lulusan. Sandar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Sikap-sikap yang dikembangkan di SMA Santa Maria 1 :
Sikap Spiritual :
- Sikap taat melaksanakan kewajiban agama,
- Sikap doa
- Sikap toleran
- Sikap memberi/mengucapkan salam
Sikap Sosial : –
- Kejujuran
- Kesopanan
- Tanggung jawab
- Disiplin
- Kerja sama
Struktur kurikulum
Struktur Kurikulum Struktur Kurikulum
Kelas X IPA Tahun Pelajaran 2017/2018 Kelas X IPS Tahun Pelajaran 2017/2018
NO | MATA PELAJARAN | BSNP SEM 1-2 | KURNAS | NO | MATA PELAJARAN | BSNP SEM 1-2 | KURNAS | |||
SEM 1 | SEM 2 | SEM 1 | SEM 2 | |||||||
A. | KELOMPOK WAJIB A | A. | KELOMPOK WAJIB A | |||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | |
4 | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | Matematika | 4 | 4 | 4 | |
5 | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 | 5 | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 | |
6 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 | 6 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 | |
B. | KELOMPOK WAJIB B | B. | KELOMPOK WAJIB B | |||||||
7 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 | 7 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 | |
8 | Penjas Orkes | 3 | 3 | 3 | 8 | Penjas Orkes | 3 | 3 | 3 | |
9 | Prakarya dan Kewirausahaan | 2 | 2 | 2 | 9 | Prakarya dan Kewirausahaan | 2 | 2 | 2 | |
10 | Bahasa Sunda (Mulok) | 2 | 2 | 2 | 10 | Bahasa Sunda (Mulok) | 2 | 2 | 2 | |
11 | Bahasa Mandarin (Mulok) | 2 | 2 | 2 | 11 | Bahasa Mandarin (Mulok) | 2 | 2 | 2 | |
C. | PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM | C. | PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL | |||||||
12 | Matematika | 3 | 3 | 3 | 12 | Geografi | 3 | 3 | 3 | |
13 | Fisika | 3 | 3 | 3 | 13 | Sejarah | 3 | 3 | 3 | |
14 | Kimia | 3 | 3 | 3 | 14 | Sosiologi | 3 | 3 | 3 | |
15 | Biologi | 3 | 3 | 3 | 15 | Ekonomi | 3 | 3 | 3 | |
16 | Bahasa dan Sastra Inggris (Lintas Minat) | 3 | 3 | 3 | 16 | Bahasa dan Sastra Inggris (Lintas Minat) | 3 | 3 | 3 | |
17 | Ekonomi (Lintas Minat) | 3 | 3 | 3 | 17 | Biologi (Lintas Minat) | 3 | 3 | 3 | |
D. | PENGEMBANGAN DIRI | 1 | 1 | D. | PENGEMBANGAN DIRI | 1 | 1 | |||
JUMLAH | 46 | 47 | 47 | JUMLAH | 46 | 47 | 47 |
Jumlah Jam Belajar :
Senin : 10 jam pel
Selasa : 10 jam pel
Rabu : 9 jam pel
Kamis : 9 jam pel
Jumat : 9 jam pel
Peminatan
- Peminatan dilakukan mulai di kelas X.
- Peminatan yang diselenggarakan oleh SMA Santa Maria 1 adalah
- Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (IPA)
- Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IPS)
- Peminatan ditentukan berdasarkan:
- Nilai rapot SMP/rekomendasi guru BK SMP
- Psikotes
- Placement test (Mata Pelajaran : Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS)
- Angket siswa dan orang tua
- Observasi yang dilakukan guru mata pelajaran satu bulan pertama
- Satu kali tes kognitif
- Untuk peminatan MIA : Fisika, Kimia, Biologi, Matematika
- Untuk peminatan IIS : Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah
- Lintas minat
- Kelas X IPA : Bahasa dan Sastra Inggris, dan Ekonomi
- Kelas X IPS : Bahasa dan Sastra Inggris dan Biologi
5. Peserta didik yang akan melakukan perpindahan peminatan diberi kesempatan sampai tanggal 5 Agustus 2017
Penilaian
- Penilaian terdiri dari penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Penilaian kompetensi sikap (KI 1 : sikap spiritual, KI 2 : sikap sosial) dilakukan oleh :
- Semua Guru Mata Pelajaran, Guru BK, dan Wali kelas : melalui observasi (pengamatan) yang hasilnya dicatat dalam jurnal (penilaian utama)
- Peserta didik : melalui penilaian diri serta penilaian antar peserta didik (penilaian penunjang).
- Hasil penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dinyatakan dalam bentuk predikat sangat baik atau baik atau cukup baik disertai deskripsinya.
- Penilaian kompetensi pengetahuan (KI 3) dilakukan oleh pendidik
- Penilaian kompetensi pengetahuan terdiri dari Nilai Proses (Nilai Harian = NH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS).
- NH diperoleh dari rerata hasil tes tulis, tes lisan, dan penugasan setiap Kompetensi Dasar
- Penugasan berupa pekerjaan rumah dan atau proyek yang harus diselesaikan secara individual dan atau kelompok.
- Penilaian keterampilan dilakukan oleh pendidik melalui tes praktik, proyek, produk, dan portofolio.
- Proyek : tugas belajar yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu
- Produk : Hasil karya peserta didik.
- Portofolio : kumpulan karya peserta didik secara individu pada satu periode untuk suatu mata pelajaran.
- Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk bilangan bulat (skala 0 – 100) dan predikat serta dilengkapi dengan deskripsinya.
- Kriteria ketuntasan minimum (KKM) untuk semua mata pelajaran ditetapkan sebesar 70 dengan penetapan interval predikat sabagai berikut :
- Sangat Baik 90 – 100
- Baik (B) 80 – 89
- Cukup (C) 70 – 79
- Kurang (D) < 70
- Peserta didik yang belum mencapai KKM pada kompetensi dasar tertentu (belum tuntas), diberi kesempatan untuk memperbaiki Nilai Harian untuk kompetensi dasar tersebut maksimal 2 kali. Apabila hasil remedial melebihi nilai KKM, maka nilai remedial yang dipakai adalah sebatas KKM. Tidak ada remedial untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS).
Ekstra Kurikuler
Kegiatan ekstra kurikuler merupakan wahana pengembangan potensi diri peserta didik. Penyelenggaraanya dilakukan secara terencana, terarah, terprogram sesuai dengan daya dukung SMA Santa Maria 1. Kehadiran peserta didik mengikuti kegiatan ekstra kurikuler merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran secara keseluruhan